Persyaratan Mendirikan Yayasan Yang Harus Kamu Penuhi!

persyaratan mendirikan yayasan

Persyaratan Mendirikan Yayasan Yang Harus Kamu Penuhi!

Izin Legalitas, Persyaratan Mendirikan Yayasan adalah langkah pertama yang harus dipahami oleh siapa pun yang ingin membangun sebuah yayasan. Mengetahui dan memenuhi persyaratan ini sangat penting untuk memastikan yayasan dapat beroperasi secara legal dan efektif.

Persyaratan Mendirikan Yayasan Yang Harus Kamu Penuhi!

persyaratan mendirikan yayasan

Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai persyaratan yang perlu dipenuhi. Memahami persyaratan ini akan membantu Anda memulai yayasan dengan dasar yang kuat dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Tahapan Pendaftaran Pendirian Yayasan 

Proses ini melibatkan beberapa tahapan penting, mulai dari menentukan pendiri, menyiapkan data, hingga mendapatkan pengesahan dari instansi terkait. Berikut tahapan pendaftaran pendirian yayasan.

1. Menentukan Pendiri Yayasan

Persyaratan pertama dalam mendirikan yayasan adalah menentukan siapa saja yang akan menjadi pendiri. Menurut undang-undang di Indonesia, yayasan dapat didirikan oleh satu atau lebih pendiri. Para pendiri ini harus memenuhi syarat sebagai warga negara Indonesia atau badan hukum Indonesia. Jika pendiri yayasan adalah badan hukum, maka harus memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2. Menyiapkan Data

Setelah menentukan pendiri, langkah selanjutnya adalah menyiapkan data yang diperlukan untuk mendirikan yayasan. Data ini meliputi:

  • Nama dan alamat yayasan.
  • Tujuan dan kegiatan yayasan.
  • Nama lengkap, pekerjaan, dan alamat para pendiri.
  • Struktur organisasi yayasan, termasuk pengurus dan pengawas.
3. Mengajukan Nama Yayasan ke Kemenkumham

Mengajukan nama yayasan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) adalah langkah penting untuk memastikan bahwa nama yang diusulkan belum digunakan oleh yayasan lain. Nama yayasan harus unik dan tidak menimbulkan kesan yang menyesatkan.

4. Membuat Akta Pendirian Yayasan

Pembuatan Akta Pendirian Yayasan harus dilakukan di hadapan notaris. Akta ini memuat informasi lengkap tentang yayasan, termasuk tujuan, kegiatan, dan struktur organisasi yayasan. Notaris akan membantu dalam menyusun dan meresmikan akta pendirian ini sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku.

5. Penandatanganan Akta Pendirian

Setelah akta pendirian yayasan dibuat, langkah selanjutnya adalah penandatanganan akta tersebut oleh para pendiri. Penandatanganan ini juga dilakukan di hadapan notaris untuk memastikan bahwa semua pendiri menyetujui isi dari akta pendirian tersebut.

6. Pengurusan SKDP

Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP) diperlukan untuk menunjukkan bahwa yayasan memiliki alamat yang jelas dan sah. SKDP dapat diurus di kantor kelurahan atau kecamatan setempat di mana yayasan berlokasi.

7. Pengurusan NPWP

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) adalah salah satu persyaratan penting yang harus dipenuhi oleh yayasan. NPWP dapat diurus di kantor pajak setempat. Dengan memiliki NPWP, yayasan dapat memenuhi kewajiban perpajakannya sesuai dengan peraturan yang berlaku.

8. Pendaftaran Yayasan ke Pengadilan Negeri

Langkah selanjutnya adalah mendaftarkan yayasan ke Pengadilan Negeri setempat. Pendaftaran ini diperlukan untuk mendapatkan pengesahan resmi dari pengadilan yang menyatakan bahwa yayasan tersebut sah secara hukum.

9. Pengurusan Nomor Izin Berusaha (NIB)

Nomor Izin Berusaha (NIB) dapat diurus melalui sistem Online Single Submission (OSS). NIB ini berfungsi sebagai identitas resmi yayasan yang diakui oleh pemerintah dan diperlukan untuk menjalankan kegiatan usaha yayasan.

10. Pengumuman Ikhtisar Resmi

Langkah terakhir dalam proses mendirikan yayasan adalah mengumumkan ikhtisar resmi pendirian yayasan. Pengumuman ini biasanya dilakukan melalui media cetak atau online yang telah ditentukan oleh pemerintah. Pengumuman ikhtisar ini penting untuk memberikan informasi kepada publik bahwa yayasan telah resmi didirikan dan terdaftar.

Gunakan Jasa Jabal Legal untuk Mendirikan Yayasan Anda – 0822 4932 0600

Note: ⁽¹⁾ Setelah tanda tangan Minuta Akta, ⁽²⁾ Untuk resiko menengah rendah, ⁽³⁾ Opsional atas permintaan Klien.

Mendirikan yayasan memerlukan pemahaman yang mendalam tentang berbagai persyaratan hukum dan administratif. Proses ini bisa sangat kompleks dan memakan waktu jika tidak dilakukan dengan benar. Jabal Legal hadir untuk membantu Anda melewati setiap tahap pendirian yayasan dengan mudah dan cepat.

Keunggulan Jasa Jabal Legal

  • Pengalaman dan Profesionalisme. Tim Jabal Legal terdiri dari para ahli yang berpengalaman dalam bidang hukum dan pendirian yayasan. Kami memahami semua seluk-beluk proses ini dan siap memberikan layanan terbaik untuk Anda.
  • Konsultasi Gratis. Kami menyediakan konsultasi gratis untuk membantu Anda memahami semua persyaratan dan langkah-langkah yang perlu diambil. Anda dapat menghubungi kami kapan saja untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.
  • Proses Cepat. Dengan bantuan Jabal Legal, proses pendirian yayasan Anda akan berjalan lebih cepat dan efisien. Kami akan mengurus semua dokumen dan persyaratan yang diperlukan, sehingga Anda bisa fokus pada misi yayasan Anda.
  • Transparansi Biaya. Kami memberikan penawaran biaya yang transparan tanpa biaya tersembunyi. Anda akan mengetahui semua biaya yang diperlukan sejak awal, sehingga Anda bisa merencanakan anggaran dengan baik.
  • Layanan Terintegrasi. Selain pendirian yayasan, Jabal Legal juga menawarkan berbagai layanan hukum lainnya yang dapat membantu operasional yayasan Anda di masa depan, termasuk pengurusan izin lainnya.

Dengan menggunakan jasa Jabal Legal, Anda tidak perlu khawatir tentang kerumitan proses hukum dan administratif. Kami akan memastikan semua persyaratan terpenuhi dengan baik, sehingga Anda bisa fokus pada tujuan mulia mendirikan yayasan. Hubungi kami hari ini untuk memulai proses pendirian yayasan Anda dan rasakan kemudahan yang kami tawarkan.

Kontak Kami

  • Telepon: 0822-4932-0600
  • Alamat Kantor: Jl. Desa Cipadung No.47 Kec. Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat 40614

Jangan biarkan proses pendirian yayasan menjadi penghalang bagi misi mulia Anda. Percayakan kebutuhan hukum Anda pada Jabal Legal, dan kami akan membantu Anda setiap langkahnya.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *