Pendirian Perkumpulan

PENGANTAR 

Mendirikan Perkumpulan di Indonesia dapat memperkuat kerja sama sosial dan memperluas jaringan anggota, mendukung tujuan bersama dan memajukan dampak sosial yang lebih besar. Struktur ini ideal untuk kegiatan komunitas yang kolaboratif.

Perkumpulan bukan merupakan badan usaha dan bersifat non komersial dan karenanya perkumpulan tidak boleh menarik keuntungan dan juga tidak ada izin usaha yang terbit atas badan hukum perkumpulan.

Salah satu sifat dari perkumpulan adalah kesamaan minat dari para anggotanya. Contohnya adalah perkumpulan penggemar klub sepakbola Manchester City. Para penggemar yang ingin me-legal-kan fans club tersebut, bisa memohon pengesahan badan hukum dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Izin Legalitas sebagai jasa pendirian perkumpulan saat ini melayani ke seluruh Indonesia, sebagai bentuk dukungan untuk UMKM Indonesia.

Dapatkan Penawaran Spesial untuk Pendirian Perkumpulan Ambil segera kesempatan ini, kuota terbatas!

Layanan Izin & Legalitas Kami Melayani Ke Seluruh Indonesia!

DASAR HUKUM 

Permenkumham No 3 tahun 2016 tentang Pengesahan Badan Hukum Perkumpulan

Permenkumham merupakan ketentuan utama pengaturan tentang Perkumpulan.

Permenkumham No 10 tahun 2019 tentang tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 3 Tahun 2016 tentang Pengesahan Badan Hukum Perkumpulan

Permenkumham ini mengubah sebagian ketentuan Permenkumham 3/2016.

Anda dapat fokus menjalankan bisnis, serahkan urusan izin & legalitas kepada Izinlegalitas.com

DOKUMEN PERSYARATAN  

Bersama Izinlegalitas.com, untuk mendirikan Perkumpulan Anda tidak perlu keluar rumah, membuang waktu di jalan atau duduk menunggu antrian yang sangat membosankan.

PRICELIST 

BIAYA JASA PENDIRIAN PERKUMPULAN

Note: ⁽¹⁾ Setelah tanda tangan Minuta Akta, ⁽²⁾ Untuk resiko menengah rendah, ⁽³⁾ Opsional atas permintaan Klien.

BIAYA JASA PENDIRIAN PERKUMPULAN + VIRTUAL OFFICE

Note: ⁽¹⁾ Setelah tanda tangan Minuta Akta, ⁽²⁾ Untuk resiko menengah rendah, ⁽³⁾ Opsional atas permintaan Klien.

Sewa 1 Virtual Office bisa meeting di 5 lokasi Virtual Office

(Khusus DKI Jakarta)

F.A.Q  

Pendiri Perkumpulan hanya boleh WNI saja. WNA asing tidak boleh mendirikan Perkumpulan.

Untuk mendirikan Perkumpulan, syarat utamanya cukup sederhana. Anda memerlukan dokumen identitas seperti KTP dan NPWP dari pengurus dan pengawas yang akan terlibat dalam Perkumpulan tersebut.

Biasanya digunakan sebagai wadah legal atas organisasi / kelompok yang memiliki kesamaan minat yang sama. Contoh adalah perkumpulan penggemar klub sepakbola Manchester United. Para penggemar klub Manchester United yang ingin me-legal-kan fans club tersebut, bisa memohon pengesahan badan hukum Perkumpulan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Perkumpulan merupakan suatu entitas hukum yang didirikan oleh sekelompok orang dengan minat dan tujuan yang sama, yang berorientasi non-komersial. Struktur ini sering dipilih oleh kelompok yang ingin mengorganisir kegiatan mereka secara lebih formal, seperti organisasi kemasyarakatan atau yayasan, tetapi dengan fokus yang lebih spesifik dan terorganisir.